Dibalik Indahnya Dekorasi Natal 2014


Dekorasi Natal Daur Ulang 2014 - Foto : Paroki Kampung Sawah

Perayaan Natal 2014 di Paroki Servatius 2014 telah berlangsung dengan lancar. Ada hal baru yang terlihat pada dekorasi natal di gereja. Panitia natal yang berasal dari Wilayah Maria dengan kreatif mampu menyulap barang-barang bekas menjadi hiasan-hiasan natal seperti pohon natal, gua natal, dan boneka salju. Apa yang melatar belakangi dibuatnya konsep dekorasi seperti itu ? Mari kita simak penuturan dari ketua panitia natal berikut ini.

Peristiwa Natal adalah peristiwa dimana Tuhan mau hadir di tengah-tengah umat-Nya, dia mau menjamah langsung umatnya agar dia sungguh-sungguh tahu apa yang di inginkan umat-Nya bahasa trendnya sekarang Tuhan mau blusukan.

Peristiwa natal tahun 2014 ini bagi gereja Paroki Servatius Kampung Sawah juga merupakan wujud kepedulian pada lingkungan, dimana semua ornamen dan hiasan natal terbuat dari barang bekas yang sehari-harinya dikenal dengan sampah.

Sebagai wujud kepedulian umat akan pentingnya menjaga lingkungan dari pencemaran sampah-sampah yang tidak bisa terurai, maka kita mau diajarkan bagaimana sesungguhnya memperlakukan sampah-sampah tersebut. Apabila kita perhatikan seluruh hiasan natal termasuk pohon natal dan gua natal indah bukan? Jadi kepedulian kita terhadap lingkungan harus ditanamkan sejak dini oleh karenanya pengolahan sampah menjadi hiasan2 indah tadi melibatkan seluruh umat teristimewa anak-anak BIR dan BIA serta OMK dan seluruh umat tentunya, ini mau menekankan bahwa lingkungan sebagai ciptaan Allah harus kita jaga dan nikmati bersama tanpa terkecuali...

Peristiwa atau pesta natal di gereja paroki Santo Servatius Kampung sawah juga menjadi unik dan istimewa , dimana suasana dan cirinya bernuansa betawi, ini mau menggambarkan bahwa gereja adalah pemelihara budaya bukan perusak budaya sehingga gereja sungguh-sungguh merupakan sarana untuk menghadirkan kegembiraan dan simbol keberagaman.

Akhirnya kita mau sampai pada suatu penekanan bahwa Natal tidak semata pesta, tapi natal juga mau dinyatakan sebagai suatu peristiwa dimana disana ada kegembiraan, ada kesederhanaan, ada harapan untuk hidup yang lebih baik,dan natal mau menghadirkan Allah secara dekat didalam keluarga-keluarga.

Sebagai wujud apresiasi panitia natal ijinkan kami atas nama panitia mengucapkan terima kasih yang tulus kepada seluruh yang terlibat yang tidak dapat kami sebutkan satu persatu dalam penyelenggaraan natal yang secara umum berjalan dengan lancar dan sukses, kiranya Berkat Allah hadir dan menghidupi keluarga-keluarga kita masing.............

    "Selamat Natal 2014 dan Selamat Tahun Baru 2015 semoga kita semakin bisa menghadirkan Allah dalam keseharian kita.....amin.............  (RBP/HRI)

 

 

 

 

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :