[Renungan 13 Januari 2015] Empat Misi


Yesus Mengajar - Foto : hidupkatolik.com

Ibr 2:5-12; Mzm 8;Mrk 1:21b-28

Markus senang memberi ringkasan. Perikop Mrk 1:21-28 merupakan bagian ringkasan empat misi Yesus, seperti ditulis Mrk 1:21-39. Selama sehari penuh, Yesus melaksanakan empat misi utama; mengajar (ay.21-22.27), mengusir roh jahat (ay.23-26.32.34.39), menyembuhkan yang sakit (ay.30-31.32-34), dan memberitakan Injil (ay.38-39). Mengajar adalah karya awal Yesus. Berbeda dengan para ahli Taurat, Yesus “mengajar sebagai orang yang memiliki kuasa (Yun.exousia)”. Adanya exousia ini membuat roh jahat bereaksi.

Markus menunjukkan, musuh utama pewartaan Yesus mengenai Kerajaan Allah adalah setan (Yun. satanas) dan roh jahat (Yun. pneuma to akartharton). Setan adalah yang pertama ‘mencobai’ Yesus, dan roh jahat adalah yang selalu menghalangi semua karya-Nya. Melalui pengajaran, Yesus memperingatkan kekuasaan setan dan roh jahat akan selalu mengincar manusia. Maka, dalam doa Bapa Kami, kita di minta selalu berseru; “lepaskanlah kami dari si jahat (Yun.ponéros)”.

Ponéros atau si jahat, ciri kekuasaan setan, bisa merajalela, karena tak ada kasih. Paulus mengatakan, iman sejati hanya bekerja melalui kasih dan berlimpah dalam pengharapan. “Pakailah senjata kasih untuk mengalahkan kejahatan, sebab dengan senjata itu, kita mengubah cara kita berkontribusi dalam membangun perdamaian dunia,” pesan St Yohanes Paulus II. (RBP/hidupkatolik.com)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :