Pelantikan Lektris 2015


Pelantikan Lektris 2015 - Foto : Diodorus Arif

Pada bulan Maret 2014 lektor melakukan perekrutan anggota baru dengan tujuan untuk regenerasi dan melibatkan kaum muda dalam kegiatan lektor. Peserta yang mendaftar cukup banyak, berjumlah 45 orang. Kemudian setelah proses perekrutan, dlanjutkan dengan pembekalan dan pendampingan untuk anggota baru. Pembekalan diberikan oleh Romo Fransiskus Xaverius Widoyoko, SJ, Ibu Maria Oento, Bapak Seto Marsunu, dan Bapak Matheus Tukiyo. Pendampingan rutin setiap hari Minggu dilakukan oleh anggota lektor yang lama dengan membentuk sebuah tim bernama tim mentoring. Kegiatan pembekalan dilakukan selama 3 bulan dan kegiatan pendampingan dilakukan sampai dengan saat ini. Seiiring berjalannya waktu anggota baru yang bertahan berjumlah 18 orang yang terdiri dari 11 dewasa dan 7 anak-anak. Setelah masa perekrutan, pembekalan dan pendampingan telah dijalani kemudian diakhiri dengan pelantikan dimana para lektor meneguhkan janji sebagai komitmen dalam diri untuk bertanggung jawab dalam menjalani tugas pelayanan sebagai pewarta Sabda Allah. Kegiatan pelantikan ini dilaksanakan pada hari minggu 8 Februari 2015 di Gereja Santo Servatius pada saat misa kedua setelah homili. Saat itu lektor mengucapkan janji di hadapan Allah dan umat Paroki St. Servatius kemudian diberkati dan dikukuhkan oleh Romo Paroki yaitu Romo Agustinus Purwantoro, SJ. Setelah pelantikan selesai bukan berarti kegiatan pendampingan juga selesai. Kegiatan pendampingan akan terus berjalan rutin tanpa ada batas waktu yang ditentukan.

Saat ini Lektor yang terdaftar berjumlah 55 orang namun yang aktif hanya 46 orang (39 dewasa; 7 anak – anak)  sisanya tidak aktif. Kegiatan rutin lektor adalah mentoring rutin setiap hari minggu setelah misa kedua dan pertemuan bulanan yang dilakukan setiap minggu kedua. Dalam kegiatan mentoring, dilakukan latihan membaca dan memahami bacaan serta melakukan teknik membaca yang telah dipelajari, seperti artikulasi, intonasi, dan pemenggalan kata atau kalimat sehingga pada saat bertugas dapat membngacakan bacaan dengan baik , benar dan dapat dimengerti. Untuk pertemuan bulanan, hal yang dibahas adalah evaluasi tugas, pembagian jadwal tugas serta berbagi antar sesama Lektor untuk meningkatkan kualitas.

 “Setiap anggota lektor serta seluruh pelayan gereja diharapkan untuk setia pada komitmen yang telah disepakati bersama” ujar Mbak Uki selaku koordinator lektris. (UKI/DRI)

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :