Komunitas Ambreg Rawat Persaudaraan Di Taman Bhinneka


Menjaga persaudaraan dan kebhinekaan mampu diwujudkan dalam berbagai kegiatan nyata. Sebuah komunitas kecil di Gang Nyimin, RT 02 RW 04, Jatimelati ini misalnya. Bernama komunitas Ambreg, ibu-ibu PKK bekerja sama dengan Wanita Katolik RI, bersama mewujudkan sebuah taman kecil berisi tanaman sayur hingga tanaman obat. Taman kecil nan bermanfaat ini diberi nama Taman Bhinneka.

Taman Bhinneka pertama kali diwujudkan pada 10 Maret 2018. Bertempat di Balai  Banjar Hitakarma, ibu-ibu RT setempat, perwakilan Wanita Katolik RI, dan sejumlah tokoh masyarakat hadir dalam pertemuan perdana saat itu. Sejumlah sesi dihadirkan, dimulai dari sosialisasi mengenai Taman Bhinneka sebagai kebun sehat untuk keluarga, sekaligus simbol menjaga persaudaraan antar umat beragama. Ketua RT, RW, dan Pak Yakob Napiun selaku tokoh lintas agama, turut angkat suara mengingatkan pentingnya menjaga persaudaraan terlepas dari latar belakang golongan dan agama. Para tokoh masyarakat menyatakan siap mendukung terciptanya Taman Bhinneka sebagai wadah terciptanya keharmonisan.

 ibu-ibu RT setempat juga mendapat perbekalan mengenai cara mengelola sampah agar dapat menjadi pupuk yang bermanfaat, serta manfaat daun kelor sebagai tanaman obat. Menjelang siang, pertemuan diselingi dengan santap makan siang. Suasana guyub pun terbentuk melalui hidangan sederhana yang sehat dan hangat. Usai santap siang, secara simbolis para tokoh masyarakat yang hadir melakukan penanaman pertama, tanda dimulainya kegiatan di Taman Bhinneka ini.

Ke depannya, Taman Bhinneka dirawat secara berkelanjutan oleh komunitas Ambreg melalui jadwal piket. Setiap sabtu dan minggu, anggota komunitas Ambreg akan bergiliran merawat tanaman, mengolah lahan, hingga mengelola sampah dan daun kering agar dapat dimanfaatkan sebagai pupuk. Berawal dari lahan kecil di Gang Nyimin, diharapkan keharmonisan dapat terwujud. Baik itu keharmonisan antar manusia, maupun keharmonisan manusia dengan alam.

Pramestika Larasati

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :