Berbagi Suka Cita Iman Kematian


"Pilihlah selalu yang tersulit"

- Ibu Teresa

 

Sekar merupakan sosok yang paling tidak setuju ketika saya akan ikut Kursus Perawatan Jenazah hari ini. Ia kuatir roh orang mati yang akan saya rawat nanti akan ikut pulang. Hehehe

Tidak banyak yang terpanggil mengikuti kegiatan ini untuk melayani 11 ribu umat Paroki Kp. sawah Servatius. 
Merawat jenazah hakikatnya adalah kegiatan persaudaraan. Tujuan merawat jenazah adalah membersihkan dan merapikannya agar tetap layak sebagai manusia yang bermartabat.

Beberapa penyebab kematian harus menunggu surat dari forensik sebelum dirawat. Banyak hal yang harus diperhatikan dalam merawat orang yang sudah meninggal, termasuk teknik "berkomunikasi " dengan jenazah serta mencegah tertularnya penyakit. 

Banyak memang pilihan melayani. Merawat jenazah adalah salah satu yang tidak populer, apalagi menarik. Tapi Ibu Teresa mengajarkan untuk kita berani mengambil pilihan yang sulit. Berbagi suka cita iman kematian bersama keluarga yang berduka, adalah pilihan. Walau memang, itu bukan pilihan mudah.

 

Prasetyo Nurhardjanto

Woiii, umat Paroki Servatius. Kalo pada punya berita apa kek, poto apa kek, kegiatan apa kek, mao nyang lingkungan, apa nyang kategorial bisa ditongolin di media, kirim aja ke : parokisantoservatius@gmail.com

 :